Selasa, 29 Maret 2011

SILABUS SEJARAH KELAS X

SILABUS

Nama Sekolah    :     SMAN 15 SURABAYA
Mata Pelajaran    :     Sejarah
Kelas Semester    :     X / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami prinsip dasar ilmu sejarah


Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Uraian Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator     Alokasi waktu    Bahan dan Alat Pembelajaran    Penilaian    Buku Sumber      
    


     ·1    Pengertian sejarah. (Hal 2 – 4)
·2    Sejarah sebagai Peristiwa, dan Kisah. (Hal 4 – 5)    ·1    Membahas pengertian sejarah melalui kajian pustaka.
·2    Mengkaji perbedaan sejarah sebagai peristiwa dan kisah melalui kajian pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.    ·1    Menjelaskan pengertian sejarah.
·2    Menjelaskan perbedaan sejarah sebagai peristiwa dan kisah     2X45 Menit    ·


·
    


     ·
·
·
·
·       
          ·1    Sejarah sebagai Ilmu dan Seni. (Hal 6 – 8)    ·1    Membedakan sejarah  sebagai Ilmu dan Seni melalui kajian pustaka dan diskusi kelompok dan diskusi kelas.    ·1    Menjelaskan sejarah sebagai ilmu dan seni.     1X45 Menit                     
          ·1    Konsep-konsep dasar sejarah : perubahan dan kesinambungan. (Hal 9)
·2    Konsep dasar sejarah : kronologi dan periodisasi. (Hal 9 – 11)    ·1    Mendiskripsikan konsep perubahan dan kesinambungan melalui  diskusi kelompok.
·2    Menguraikan kronologi dan periodisasi melalui studi pustaka melalui kajian pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.    ·1    Menjelaskan pengertian perubahan dan kesinambungan.
·2    Menyusun kronologi dan periodisasi sejarah Indonesia.     1X45 Menit                     
          ·1    Kegunaan sejarah.dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. (Hal : 12 – 14)    ·1    Menjelaskan kegunaan sejarah bagi kehidupan masyarakat masa kini  (kegunaan edukatif, inspiratif, dan rekreatif) melalui kajian pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.    ·1    Menjelaskan kegunaan sejarah bagi kehidupan masyarakat    1X45 Menit                     
    


     ·1    Tradisi sejarah pada masyarakat pra-aksara. Hal : (15 – 17)    ·1    Mengidentifikasikan cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui kajian pustaka, dan diskusi kelas.    ·1    Mengidentifikasikan cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui tutur.
    1X45 menit
    ·


·
    


     ·
·
·
·
·       
          ·2    Jejak sejarah di dalam foklore, (mitos, legenda dan dongeng). (Hal : 18 – 28)    ·2    Mengidentifikasi tradisi sejarah di dalam foklore, (mitos, legenda dan dongeng) melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.    ·2    Mengidentifikasi-kan cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui foklore, (mitos, legenda dan dongeng)    2X45 Menit                     
          ·3    Jejak sejarah di dalam foklore (upacara, dan lagu). (Hal : 29 – 33)    ·3    Mendeskripsikan jejak sejarah di dalam di dalam foklore (upacara, dan lagu) melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.    ·3    Mengidentifikasi-kan cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui foklore (upacara, dan lagu).    1X45 Menit                     
          ·4    Munculnya Tradisi Tulisan di Indonesia. (Hal : 33 – 34)    ·4    Menguraikan munculnya tradisi tulisan pada masyarakat Indonesia melalui kajian pustaka, dan diskusi kelas.    ·5    Menguraikan munculnya tradisi tulisan pada masyarakat Indonesia    1X45 menit                     
          ·1    Rekaman tertulis dari berbagai daerah di Indonesia (Zaman Hindu-Budha). (Hal : 34 – 40)    ·1    Menguraikan rekaman tertulis dari berbagai daerah di Indonesia pada Zaman Hindu-Budha (Prasasti dan Kitab Kuno) melalui kajian pustaka, dan diskusi kelas    4.    Menguraikan rekaman tertulis dari berbagai daerah di Indonesia pada Zaman Hindu-Budha (Prasasti dan Kitab Kuno)    1X45 Menit                     
          ·2    Rekaman tertulis dari berbagai daerah di Indonesia (Zaman Islam). (Hal : 40 – 43)    ·2    Menguraikan rekaman tertulis dari berbagai daerah di Indonesia pada Zaman Islam (Kitab Kuno) melalui kajian pustaka, dan diskusi kelas    5.    Menguraikan  Menguraikan rekaman tertulis dari berbagai daerah di Indonesia pada Zaman Islam    1X45 Menit                     
          ·3    Perkembang-an Penulisan sejarah di Indonesia. (Hal : 43 – 46)    ·3    Menjelaskan pekembangan penulisan sejarah di Indonesia melalui kajian pustaka, dan diskusi kelas    6.    Menjelaskan pekembangan penulisan sejarah di Indonesia    1X45 menit
                     
    

     ·1    Bukti dan Fakta Sejarah. (Hal : 47 – 49)    ·1    Menidentifikasikan Sumber, Bukti dan Fakta sejarah melalui kajian pustaka dan diskusi.    ·1    Menjelaskan sumber, bukti dan fakta sejarah.    1X45 Menit    ·


·
    


     ·
·
·
·
·
·
       
          ·2    Artefak, Fakta Sosial dan Fakta Mental. (Hal : 49 – 52)    ·2    Membedakan antara artefak, fakta sosial dan fakta mental melalui kajian pustaka dan studi lapangan    ·2    Menjelaskan perbedaan artefak, fakta sosial dan fakta mental.    1X45 Menit                     
          ·3    Penulisan Kembali Peristiwa Masa Lalu. (Hal : 52 – 56)    ·3    Menerapkan prinsip-prinsip penilitian sejarah secara sederhana melalui studi lapangan.    ·3    Menerapkan prinsip-prinsip penilitian sejarah secara sederhana.    2X45 Menit                     
          ·4    Prinsip-prinsip dalam Penulisan Sejarah Lisan. (Hal : 56 – 58)    ·4    Menerapkan prinsip-prinsip dalam penelitian sejarah lisan melalui kajian pustaka dan studi lapangan.    ·4    Menerapkan prinsip-prinsip dalam Penulisan Sejarah Lisan.    1X45 Menit                     
          ·5    Jenis-jenis Sejarah. (Hal : 59 – 62)    ·5    Mengidentifikasi jenis-jenis sejarah melalui kajian pustaka dan diskusi    ·5    Menjelaskan perbedaan pengertian Sejarah Nasional dan Sejarah Lokal
·6    Mendiskripsikan sejarah kebudayaan dan sejarah mentalitas.    1X45 Menit                     
          ·6    Jejak-jejak masa lampau (candi, patung, monumen dan bangunan kuno). (Hal : 63 – 66)    ·6    Mendiskripsikan jejak-jejak sejarah masa lampau dari daerah sekitarnya melalui pengamatan dan presentasi di depan kelas.    ·7    Menjelaskan jejak-jejak masa lampau (candi, patung, monumen dan bangunan kuno)    1X45 Menit                  













SILABUS

Nama Sekolah    :     SMAN 15 SURABAYA
Mata Pelajaran    :     Sejarah
Kelas Semester    :     X / 2

Standar Kompetensi : 2. Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia


Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Uraian Materi Pokok    Kegiatan Pembelajaran    Indikator     Alokasi Waktu    Bahan dan Alat Pembelajaran    Penilaian    Buku Sumber      
    

     ·1    Keadaan Alam dan Pesebaran Binatang serta Manusia Purba. (Hal : 74 – 79)    ·1    Mendiskripsikan pengaruh keadaan alam pada kala plestosen yang berpengaruh terhadap pesebaran binatang dan manusia purba Indonesia, melalui studi pustaka, browsing internet dan presentasi.    ·1    Mendeskripsikan Keadaan Alam dan Pesebaran Binatang serta Manusia Purba Indonesia.    1X45 Menit    ·

·
    


     ·
·
·
·
·
·
·       
          ·2    Perkembangan biologis manusia Indonesia. (Hal : 80 – 82)    ·2    Mengklasifikasikan berbagai fosil manusia purba di Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan presentasi.
·3    Menyusun secara kronologis perkembangan biologis manusia Indonesia.    ·2    Mendeskripsikan berbagai fosil manusia purba di Indonesia.
·3    Menyusun secara kronologis perkembangan biologis manusia Indonesia.
·4    Menyusun secara kronologis perkembangan biologis manusia Indonesia.    1X45 Menit              ·       
          ·1    Perkembangan kebudayaan pada Zaman Batu Tua. (Hal : 83 – 85)    ·1    Membuat bagan secara kronologis perkembangan kebudayaan di Indonesia pada masa pra-aksara melalui studi  pustaka, diskusi kelompok, dan presentasi.
·2    Menguraikan perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Tua melalui kajian pustaka dan diskusi    ·1    Membuat bagan perkembangan kebudayaan di Indonesia secara kronologis pada zaman pra-aksara.
·2    Mendiskripsikan ciri-ciri perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Tua.    1X45 Menit              ·       
          ·2    Perkembangan kebudayaan pada Zaman Batu Madya. (Hal : 85 – 89)    ·3    Menguraikan perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Madya.melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi, dan presentasi.    ·3    Mendiskripsikan ciri-ciri perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Madya    2X45 Menit              ·       
          ·3    Perkembangan kebudayaan pada Zaman Batu Baru. (Hal : 90 – 96)    ·1    Menguraikan perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Baru.melalui studi pustaka. dan diskusi,
·2    Menjelaskan perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Besar.melalui studi pustaka. dan diskusi    ·1    Mendiskripsikan ciri-ciri perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Baru
·2    Menjelaskan perkembangan kebudayaan pada zaman Batu Besar.    1X45 Menit              ·       
          ·4    Perkembangan kebudayaan pada Zaman Logam. (Hal : 96 – 99)    ·1    Menguraikan perkembangan kebudayaan pada Zaman Logam.melalui studi pustaka., eksplorasi internet, diskusi, dan presentasi.    ·3    Mendiskripsikan ciri-ciri perkembangan kebudayaan pada Zaman Logam    1X45 Menit              ·       
          ·1    Ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan. (Hal : 100 – 102)    ·2    Mengidentifikasi ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan melalui diskusi kelompok.    ·1    Mengidentifikasi ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa dan mengumpulkan makanan.    1X45 Menit              ·       
          ·2    Ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa bercocok tanam. (Hal : 102 – 103)    ·1    Mengidentifikasi ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa bercocok tanam.melalui diskusi kelompok.    ·2    Mengidentifikasi ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa bercocok tanam.    1X45 Menit              ·       
          ·3    Ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa perundagian (bercocok tanam tingkat lanjut) (Hal : 103 – 105)    ·2    Mengidentifikasi ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa pada masa perundagian (bercocok tanam tingkat lanjut) melalui diskusi kelompok.    ·3    Mengidentifikasi ciri-ciri sosial, budaya, ekonomi, dan kepercayaan masyarakat pada masa pada masa perundagian (bercocok tanam tingkat lanjut).    1X45 Menit              ·       
    

     ·1    Pengaruh kebudaya an Bacson, Hoa - Binh, terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di Indonesia. (Hal : 104 – 105)    ·2    Mengidentifikasi pengaruh kebudayaan Bacson Hoa-binh terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia melalui studi pustaka dan tanya jawab.    ·3    Mengidentifikasi pengaruh kebudayaan Bacson Hoa-binh terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia.    1X 45 Menit:    ·

·
    



     ·
·
·
·       
          ·4    Pengaruh kebudayaan Dongson dengan perkembangan budaya masyarakat awal di Indonesia. (Hal : 105)    ·5    Mengidentifikasi pengaruh kebudayaan Dongson terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia melalui studi pustaka dan diskusi.    ·6    Mengidentifikasi pengaruh kebudayaan Dongson terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia.    1X45 Menit              ·       
          ·7    Pengaruh kebudaya an Sa Huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di Indonesia. (Hal : 105 – 106)    ·8    Mengidentifikasi pengaruh kebudayaan Sa Huynh terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia melalui studi pustaka dan tanya jawab.    ·9    Mengidentifikasi pengaruh kebudayaan Sa Huynh terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia.    1X45 Menit              ·       
          ·10    Hubungan masyarakat awal Indonesia dengan India. (Hal : 107 – 108)    ·11    Menguraikan hubungan masyarakat awal Indonesia dengan India melalui kajian pustaka dan diskusi.    ·12    Menjelaskan hubungan masyarakat awal Indonesia dengan India.    1X45 Menit              ·       
    


     ·13    Hipotesis tentang asal-usul dan persebaran manusia. (Hal : 109 – 112)    ·    Menganalisis hipotesis  tentang asal-usul dan persebaran manusia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.    ·1    Menjelaskan tentang asal-usul manusia berdasarkan penelitian DNA mitokondria (mtDNA).
·2    Menganalisis persebaran manusia.    1X45 Menit   
·

·
    


     ·
·
·
·       
          ·14    Hipotesis tentang asal-usul dan persebaran manusia di Indonesia. (Hal : 112 – 119)    ·    Menganalisis hipotesis  tentang asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia  melalui studi pustaka, eksplorasi internet, diskusi kelompok, dan diskusi kelas.    ·3    Menjelaskan tentang asal-usul manusia di Indonesia.
·4    Menganalisis persebaran bahasa Austronesia pada masa prasejarah.
·5    Menguraikan pesebaran pendukung kebudayaan Kapak Persegi
·6    Menjelaskan gelombang kedatangan penduduk dari Asia Daratan Ke Indoensia    2X45 Menit              ·    

    Mengetahui,    Surabaya, _____________________
    Kepala SMA __________________    Guru Sejarah,


    _____________________________    ______________________________.
    NIP. _________________________    NIP. ___________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar